logo blog
Selamat Datang Di Blog Mas Nashrul
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Mas Nashrul,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

6 Langkah Aman Bermain di Media Sosial

Media sosial kini menjadi tempat nongkrong yang asik. Orang-orang pun kini mulai bermain-main disana. Akan tetapi, saking asiknya bermain di media sosial, jangan sampai membuat Anda terlena. Untuk itu, pengguna diwajibkan untuk waspada perihal keamanan serta privasi. Dan berikut ini merupakan 6 Langkah Aman Bermain di Media Sosial. Mari kita simak. 

1.) Berhubungan Dengan Pengguna Yang Terpercaya
Istilah terpercaya, setiap orang tentu akan mentafsirkannya berbeda-beda. Bisa jadi keluarga, kerabat, sahabat, atau seseorang yang mereka cap sebagai yang terpercaya. Akan tetapi, jika kata “Terpercaya” diberikan pada teman atau kenalan baru di media sosial, eits !!! tunggu dulu.
Alangkah bijaknya jika pengguna tidak langsung memberikan kepercayaan kepada semua pengguna yang ia kenal melalui media sosial. Mungkin bisa untuk tidak langsung terhubung dengan mereka, Anda perlu melakukan sedikit “riset” atau menelitinya. Bila yakin dan Anda menganggapnya aman, hubungkan akun media sosial Anda dengan yang diinginkan.

2.) Mengubah Pengaturan Privasi
Pada media sosial, terdapat pengaturan privasi yang begitu ketat. Dan saking ketatnya, terkadang pengguna tidak menyadari hal tersebut. Akan tetapi, mereka cenderung untuk memilih lebih bebas dari kekangan, daripada tidak bisa bernarsis ria di media tersebut.
Ubahlah pengaturan privasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila media sosial Anda perlukan untuk sebuah kepentingan tertentu, mungkin memperketat privasi memang diperlukan. Namun, jika Anda hanya menggunakan untuk narsis-narsisan, longgar pun tak ada masalah.

3.) Menyembunyikan sesuatu yang detail
Tak semuanya musti dibagikan di media sosial. Baik yang kecil atau yang besar. Dengan demikian, untuk informasi detail pada diri sendiri, sebaiknya tidak untuk di bagikan atau di-share pada media sosial.
Misalnya saja tanggal lahir atau nama tengah Anda. Ataupun menyembunyikan tahun lahir Anda, dapat menjadi sebuah pilihan. Yang terpenting selain itu, alamat rumah atau nomor telepon, sebaiknya tidak perlu diumbar-umbar di media sosial.

4.) Membagikan Lokasi
Share Location memang lagi menjadi trend pada media sosial. Akan tetapi dianjurkan untuk tidak membagikan lokasi pada media sosial. Misalnya saja apabila ada orang yang tengah “mencari” atau “memburu” Anda. Dan mereka memata-matai Anda melalui media sosial yang tengah Anda ikuti. Dengan membagikan lokasi, bisa jadi Anda seperti memberi tahu dimana Anda tengah sembunyi.

5.) Ingat ! Dunia Maya tidak ada “TOMBOL DELETE”
Sebaiknya, berpikir dua kali ketika Anda hendak memposting atau berbagi sesuatu. Pasalnya, internet atau dunia maya tidak mengusung “Tombol Delete“. Memang sih, pada media sosial disediakan layanan “Hapus”, akan tetapi, ketika Anda berbagi informasi dan terlanjur tersebar sebelum Anda menyadari hal tersebut, hanya penyesalan yang akan tertinggal.
Sebut saja Twitter, ketika pengguna tengah berkicau. Dan para pengikutnya me-retweet kicauannya. Jelas akan menyebar ke berbagai pelosok dengan cepat. Meskipun telah di hapus oleh si pemosting, akan tetapi tetap tidak dapat merubah masifnya informasi yang telah menyebar tersebut.

6.) Tidak perlu mengklik, jika tidak yakin
Di Facebook dan Twitter, tak hanya banjir dengan foto atau video, namun juga terdapat link atau tautan. Jika Anda tidak tahu persis atau tidak yakin apa yang terdapat pada balik link yang tersebar atau disebar tersebut, akan lebih baik jika tidak diklik.

Tak sedikit link atau tautan yang beredar di media sosial seperti Twitter atau Facebook berupa scam, phising, atau mengandung virus yang dapat merugikan Anda. apabila telah terlanjur mengklik, sebaiknya jangan melakukan apa yang diperintahkan pada laman yang tengah terbuka tersebut, sebaiknya sih segera ditutup. Sebagai saran : langsung saja tutup jika terlanjur mengklik dan unfollow serta block akun yang telah membagikan tautan scam atau phising tersebut.

Mungkin hanya itu yang dapat kami bagikan pada Anda mengenai 6 Langkah Aman Bermain di Media Sosial. Jika ini bermanfaat, jangan segan-segan untuk berbagi melalui tombol media sosial di bawah ini serta memberikan komentar atau tambahan jika Anda memiliki tips lain.


Sumber : http://www.yangasik.com/2012/11/6-langkah-aman-bermain-di-media-sosial.html#ixzz2E4kNiRVu
Enter your email address to get update from Mas Nashrul.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link aktif pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Copyright © 2013. Mas Nashrul - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger